Rabu, 02 Februari 2011

EKSPOSISI, ARGUMENTASI, DAN PERSUASI


I. a Topik dari karangan di atas adalah tentang timbulnya perekonomian sector informal           di dunia ketiga.
Tujuannya, menginformasikan kepada pembaca bahwa kegiatan ekonomi informal  adalah kegiatan ekonomi marginal.
     b. kerangka karangan
1.      pendahuluan, berisi penjelasan bahwa awal tahun 1970-an di dunia ketiga tumbuh kegiatan ekonomi informal akibat sistem ekonomi yang cenderung birokratis.
2.      isi karangan yang memuat :
a.       peran Negara yang dominan didalam mengontrol perekonomian.
b.      Respon masyarakat terhadap kegiatan ekonomi yang birokratis.
c.       Alasan-alasan perekonomian sector informal diletakkan sebagai kegiatan ekonomi pinggiran.
d.      Konstribusi ekonomi informal.
e.       Sebab-sebab munculnya dan timbulnya sector ekonomi informal.
3.      penutup, berisi pernyataan kesimpulan bahwa sector informal merupakan kegiatan ekonomi yang marginal.
     c. karangan diatas dikembangkan dengan tekhnik identifikasi.

     Banyak siswa yang memiliki kendala dalam belajar. Salah satunya adalah kejenuhan. Selain itu, mereka juga sulit menyerap pelajaran karena sistem belajar yang salah.
     Berikut ini adalah cara belajar yang efektif agar siswa mudah mengerti dan menyerap pelajaran tanpa rasa bosan.
Pertama, siswa harus mencatat materi-materi yang penting dan rapi, hal ini bertujuan agar timbul semangat siswa untuk membacanya kembali. Kemudian, siswa di harapkan mengulang pelajarannya dirumah minimal setengah jam perhari. Hentikan membaca /belajar apabila telah merasa jenuh selingi dengan mendengarkan musik atau membaca komik dan film-film lucu. Selanjutnya catat ulang materi yang barusan dipelajari tanpa melihat buku. Jangan memaksakan diri dalam membaca, maksudnya membaca /belajar itu sedikit demi sedikit.
     Selamat mencoba, semoga menyenangkan dan membaca kesuksesan anda.
Kelompak 6

  1. Topik karangan argumentasi diatas membahas pelaksanaan pengajaran bahasa Indonesia disekolah yang belum memuaskan berpengaruh terhadap fakta pemakaian bahasa Indonesia.

  2. Teknik yang di gunakan untuk mengembangkan karangan argumentasi adalah teknik induktif, yaitu penulis memaparkan sejumlah detail khusus sebagai bukti yang kemudian diakhiri dengan kesimpulan (konklusi).

  3. Karangan di atas tersusun dengan tataan argumentasi sebagai berikut :

    1. Detail-detail khusus : fakta pemakaian bahasa Indonesia di seluruh daerah Indonesia yang berbeda, pemakaian bahasa Indonesia sebagai bahasa pergaulan, sebagai bahasa dipersuratkabaran, radio dan TV, di lingkungan pemuda belum baik.

    2. Kesimpilan : pelaksanaan pengajaran bahasa Indonesia yang belum memuaskan disekolah-sekolah sangat besar pengaruhnya terhadap fakta pemakaian bahasa Indonesia tersebut.


  1. Menurut pendapat saya karangan diatas bisa dikatakan karangan persuasi, alasannya karena dengan adanya pengaruh kebudayaan asing cara hidup seseorang lebih berubah dan kalau soal cara berfikir rata-rata masyarakat Indonesia agak kurang lambat. Bisa juga kita tidak apriori menentang usaha-usaha untuk memperkaya kebudayaan, selama masih sesuai dengan unsur-unsur dan norma-norma kesusilaan kita kenapa tidak. Yang penulis harapkan hati-hatilah terhadap pengaruh kebudayaan asing jangan sampai membuatr kita tercerabut dari akar kebudayaan sendiri.

  2. Alat persuasi yang digunakan dalam karangan yaitu :

Ü  Bahasa
Ü  Nada
Ü  Detail
Ü  Pengaturan (organisasi)
Ü  Kewenangan
  1.             Pengaruh kebudayaan asing melanda masyarakat Indonesia dari dahulu sampai sekarang. Baik di bidang sastra, musik, tari, sport, mode, film dan gaya hidup. Keadaan ini merupakan kenyataan bahwa masuknya kebudayaan asing menimbulkan perubahan sikap mental yang justru hanya terbatas pada pola atau gaya hidup yang konsumtif. Pola berfikir produktif atau cara berfikir baru yang di tuntut dalam kehidupan masyarakat modern yang sedang membangun hanya sedikit sekali menyentuhnya.

Bagaimana sikap kita dalam menerima pengaruh kebudayaan dalam mempertimbangkan unsur-unsur mana yang dapat memperkaya ataupun merusak kebudayaan kita, maka pancasila merupakan alat seleksi setajam-tajamnya. Oleh karena itu hati-hatilah terhadap pengaruh kebudayaan hasing jangan hsampai membuat kita tercerabut dari akar kebudayaan bangsa sendiri.




Membuat kerangka karangan
  1. sebagian besar iklan menampilkan bintang film wanita

  2. rata-rata iklan ditelevisi menampilkan wanita

  3. film Indonesia kebanyakan memerankan bintang film wanita

  4. bintang film wanita banyak ditampilkan dari pada bintang film laki-laki

  5. alasan bintang film wanita di tampilkan yaitu karena wanita lebih mudah mengekspresikan apa yang ia tampilkan dan mudah dipahami bagi penontonnya.

Kesimpulan : Jadi, dengan berbagai alasan iklan ditelevisi lebih banyak mengeksploitasi wanita.

Menulis paragraf induksi
      Siswa yang malas akan mengalami penyelasan seumur hidup. Hidup ini tidak pernah mengulang. Masa muda yang disia-siakan tidak akan kembali lagi. Dalam sejarah kehidupan manusia penuh dengan perjuangan. Siapa yang tidak mau berjuang akan tertindas dan terbuang. Oleh sebab itu gunakanlah waktu yang ada dengan sebaik-baiknya.
      Penggundulan hutan akan menyebabkan tanah longsor. Tanah yang longsor itu akibat ulah manusia itu sendiri. Tidak mungkin hutan bisa gundul kalau tidak ada tangan yang jahil, jagalah hutan seperti menjaga lingkungan kita sendiri.

Menyusun kerangka deduktif
      Kalimat topik : krisis ekonomi di Negara kita tidak kunjung pulih, ini di sebabkan oleh bermacam-macam factor.
a. Inflasi (harga sembilan bahan pokok)
b.Faktor ekonomi yang tidak mendukung
c. Faktor keuangan
d.      Faktor inflasi (harga BBM naik turun)

      Kalimat topik : berdasarkan fungsinya kendaraan dapat dibedakan menjadi beberapa macam.
a. Kelompok 1 : kendaraan digunakan sebagai angkutan pribadi
b.Kelompok 2 : kendaraan digunakan sebagai angkutan  umum (oplet)
c. Kelompok 3 : kendaraan digunakan untuk keperluan rumah sakit (ambulan)
d.      Kelompok 4 : kendaraan digunakan untuk kepentingan bersama.

Menyusun paragraf deduktif
      Kebiasaan menyontek itu tidak memberikan keuntungan sama sekali bahkan dapat merusak masa depan terutama untuk kita sendiri. Kebiasaan menyontek sulit dihilangkan. Oleh karena itu buang jauh-jauh dan bila perlu jangan sekali-kali kita melakukannya.








Latihan 2
  1. Saya berharap, semoga kedepan bisa lebih maju lagi

  2. Tanah longsor rupanya ada di hutan samarin

  3. Sumbernya bahkan bukan dari emisi gas buang kendaraan bermotor melainkan justru dari alam sendiri

  4. Bahkan disadari atau tidak, hampir setiap hari manusia menghirup gas beracun

  5. Gas racun rupanya ada dimana-mana.


  1. Saya berharap, semoga hari esok bisa lebih baik lagi

  2. Tanah longsor rupanya ada di hutan samarin

  3. Sumbernya bahkan bukan dari buangan air limbah saja, melainkan justru dari limbah pabrik juga

  4. Bahkan disadari atau tidak, setiap kita membuang sampah sembarangan tempat akan mendekatkan kita pada penyakit

  5. Gas beracun ada dimana-mana.


  1. Cuci-potong-masak

Rina mencuci daging dan memotongnya kemudian ia memasaknya
  1. Teliti-terap-laksana

Jhoni sangat teliti dalam menerapkan dan melaksanakan langkah kerja pratikumnya
  1. Tunjuk-tingkat-maju

Kepala sekolah menunjuk Budi untuk meningkatkan sistem belajar agar lebih maju
  1. Lampung-salur

Kota Lampung telah menyalurkan hasil-hasil buminya
  1. Rusak-usaha-cegah-perbaiki

Agar hutan tidak semakin rusak perlu adanya usaha pencegahan dan perbaikan dini.

Tes formatif 2
  1. Hal yang lebih penting yang harus kita perhatikan terhadap masyarakat Irian jaya yaitu mengenai kemiskinan, hidup yang terpencil, dan kondisi alam yang tidak mendukung

  2. Proyek PIR mempunyai sasaran pokok jangka pendek dan jangka panjang yaitu memecahkan masalah ketenagakerjaan, meningkatkan produksi, dan ekspor komoditi non migas

  3. Umat islam perlu meningkatkan pembangunan kerukunan antar umat beragama, meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa, serta membantu pemerintah menanggulangi faktor negative

  4. Dianjurkan kepada wanita untuk menggeser pelaksanaan perkawinan dari umur 16 tahun menjadi 20 tahun keatas, dengan alasan mengurangi tingkat kelahiran anak

  5. untuk mencari pemecahan meninjau kurikulum 1975, perlu diteliti kesukaran-kesukaran atau hambatan-hambatan yang ditemui dalam menerapakan dan kemudian melangkah ke alternatif memecahkannya.


Latihan 3
Keterangan tempat
  1. Remaja yang beralamat di jalan Syamsu Bachrun ini hobi menulis (jambi independent)

  2. Pemandian di Cipanas Garut memberikan devisa terbesar bagi pemuda setempat (Laras berbahasa Indonesia)

  3. Seluruh tempat hiburan malam seperti, karaoke, diskotik, bar dan panti pijat harus menghentikan operasi. (jambi independent)

Keterangan Waktu
  1. Menjelang hari raya merupakan saat-saat yang cukup rawan beredar daging-daging opolosandi pasaran.(Jambi Independent)

  2. Semalam dua Rumah dirampok. (Jambi Independent)

  3. Padasaat kaka pergi bermain, teman kakak dating ke rumah.(Laras berbahasa Indonesia)

Kalimat Aktif
  1. Sebagian orang masih mengaanggap rendah pedagang jamu gendong. (Jambi Independent)

  2. Presiden mengharapkan dengana adanya kerja sama Antara amerika dan indonesiaperekonopmian lebih maju. (Jambi Independent)

  3. BPK menemukan adanya pasukan dari hasil hutan sebesar Rp.4,20 Miliar. (Jambi Independent)

Kalimat Pasif
  1. Pedagang jamu gendong masih di anggap rendah oleh sebagian orang. (Jambi Independent)

  2. Perekonomian diharapkan lebih maju dengan adanya kerjasama antara amerika dan Indonesia. (Jambi Independent)

  3. Adanya pasukan dari hasil hutan sebesar Rp.4,20 Miliar ditemukan oleh BPK. (Jambi Independent)

Kalimat yang menunjukan urutan peristiwa yang logis.
  1. Kehidupan anak muda khususnya sekarang ini susah, sulit dan stragis.

  2. Telekomunikasi dimaksudkan untuk memperlancar suatu komunikasi mempermudah tali persaudaraan.

  3. Kerjasama dimaksudkan untuk mobilitas pembangunan keamanan dan persatuan.

Kalimat yang menunjukan penegasan dengan cara mengulang kata yang dianggappenting.
  1. Berdasarkan waktuyang telah ditentukan,waktu rapat nanti pukul 08.00-11.00.

  2. Dalam embiayaan harus ada keseimbangan antara pemerintah dengan swasta, perbankan dengan lembaga keuangan non bank.

  3. Untuk Pasar beduk, panitia tidak hanya menyediakan stankhusus makanan, tapi juga ada stan otomotif dan elektronik.








Tes Formatif3

1. Silanglah huruf dimuka pernyataan yang menurut anda paling tepat.
1)      C Tata cara pelaporan yang harus disampaikan oleh penerima izin, diusahakan agar disederhanakan dan dibatasi jumlahnya serta tidak memberatkan pengusaha.
2)      B Senam yang dilakukan dengan tepat dan teratur akan membuat tubh menjadi sehat, kerja jantung baik, otot-otot menjadi kuat, peredaran darah lancer.
3)      B Para pemain selama 3 bulan terus menerus berlatih, bertanding, berjuang dan menang.
4)      D Para ahli bertugas mengumpulkan data, menganalisis, mengamati, dan membuat kesimpulan.
5)      D Cara menimbang, mengocok, mencampur, memasak dan menghias semua dijelaskan kepada para pengikut kursus itu.

2. Lingkarilah huruf B dimuka kalimat yang menurut andatepat penggunaan pengulangan kata sebagai penekanan kalimat, dan S jika menurut anda tidak tepat.
1.      B-S Ayah membelikan adik sepatu, membelikan adik baju, membelikan adik tas, dan membelikan adik buku.
2.      B-S Alat penangkap ikan yang digunakan di Indonesia berlainan untuk suatu daerah dengan daerah yang lain.
3.      B-S Kemajuan itu menyangkut kemajuan di segala bidang, kemajuan kesadaran politik, kesadaran masyararakat, kesadaran berekonomi, kesadaran berkebudayaan, dan kesadaran beragama.
4.      B-S Pepaya itu dipetik, papaya itu di kupas, papaya itu dipotong, dan papaya itu dimakan.
5.      B-S Pembangunan dilihat sebagai proses yang rumit dan mempunyai banyak dimensi, tidak hanya berdimensi ekonomi, tetapi juga dimensi politik, dimensi social, dan dimensi budaya.

Tidak ada komentar: