Sabtu, 12 Februari 2011

LAPORAN OBSERVASI

IDENTIFIKASI PERMASALAHAN

No. PERMASALAHAN LOKASI SUMBER {P/M/D}
1 Banyaknya jumlah anak jalanan di pasar jambi yang berasal dariberbagai daerah Samping Tropi, Gloria simpang mangga M
2 Sebagian dari anak jalanan masih belum bisa membaca dan menulis Samping Tropi, Gloria simpang mangga M
3 Anak jalanan masih kurang memiliki kemampuan mengoperasikan penjumlahan dan pengurangan Samping Tropi, simpang mangga M
4 Tidak memiliki hafalan ayat – ayat pendek dari al – qur’an Samping Tropi, simpang mangga M
5 Anak jalanan belum bisa menghitung operasi perkalian sederhana tanpa alat bantu Samping Tropi, simpang mangga M
6 Sebagian besar warga beringin adalah pedagang yang belum memiliki pembukuan yang teratur RT.02, RT.03,RT.11
( kel.Beringin ) M
7 Jika musim hujan tiba sering terjadi banjir RT.04
( kel.Beringin ) M
8 Nomor rumah belum tertib RT.08, RT.11, RT.15
( kel.Beringin ) M
9 Papan data kelurahan belum tertib, Kantor lurah Beringin M
10 Masyarakat sulit diajak bekerja sama RT.10 ( kel.Beringin ) M
11 Tidak ada sarana untuk berolah raga RT.10 ( kel.Beringin ) M
12 Kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan RT.08, RT.10
( kel.Beringin ) P
13. Sebagian besar Masyarakat belum tahu golongan darah mereka RT.08
( kel.Beringin ) M
14. Ada beberap TPA di Beringin RT.15, RT.12, RT.08 M
P : Perangkat Desa, M : Masyarakat dan D : Dinas Instansi Vertikal/stakeholder
PRIORITAS PEMILIHAN PERMASALAHAN


No. PERMASALAHAN ALASAN PEMILIHAN 
1. Masih kurang memiliki ketrampilan mengoperasikan penjumlahan dan pengurangan Kemampuan mengoperasikan penjumlahan dan pengurangan sangat dibutuhkan oleh manusia dalam hidup sehari - hari
2. Tidak memiliki hafalan ayat – ayat pendek dari al – qur’an Meskipun anak – anak belum lancar mengaji setidaknya memiliki hafalan ayat – ayat pendek dari al – qur’an 
3. Anak jalanan belum bisa menghitung operasi perkalian sederhana tanpa alat bantu Mempermudah hitungan perkalian tanpa alat bantu ( kalkulator )
4. Sebagian besar warga beringin adalah pedagang yang belum memiliki pembukuan yang teratur Setiap pendapatan dan pengeluaran dalam berdagang sebaiknya dibukukan yang baik untuk menghitung laba maximum dalam usahanya 
5. Nomor rumah belum tertib Penertiban nomor rumah diperkotaan sangatperlu untuk memudahkan pendataan dan membantu orang yang sedang mencari alamat seseorang
6. Kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan Untuk memberikan kesadaran pada masyarakat kota akan pentingnya hidup bersih
7. Ada beberapa TPA di Beringin Untuk memberika motivasi pada anak di TPA agar selalu semangat dalam mengaji

RENCANA PROGRAM KUKERTA


No. NO.SEKTOR NAMA PROGRAM
( SIFAT ) BAHAN VOLUME SUMBER DANA
1 SB-T.1.22.4 Bisa mengoperasikan penjumlahan dan pengurangan sederhana (MD) Alat tulis 15 orang Swd, dll
`2 SB-T.1.23.4 Bimbingan hafalan ayat-ayat pendek dari al-qur’an ( ID ) Kumpulan ayat-ayat pendek dari al-qur’an 5 orang Swd, dll
3 SB-T.1.24.4 Bimbingan menghitung perkalian angka 6 – 10 dengan jari tangan ( ID ) Jari tangan 10 orang Swd
4 SB.1.25.4 Sosialisasi pembukuan sederhana untuk usaha kecil ( MD ) Alat tulis 15 orang Mhs
5 PF.1.26.4 Penertiban nomor rumah ( MD ) Plat Seng, cat, kuas kecil 3orang Swd, mhs
6 KM.1.27.4 Sosialisasi pentingnya kebersihan lingkungan ( ID ) Alat tulis 25 orang swd
7 SB.1.28.4 Pemeriksaan golongan darah gratis ( MD ) Alat tulis 23 orangSwd, mhs





LAPORAN OBSERVASI


Setelah mengadakan observasi kurang lebih selama satu minggu dan melihat potensi desa yang ada, penulis menetapkan permasalahan-permasalahan yang ada di Kelurahan Beringin, antara lain:
1) Terdapat banyak anak jalan di Kota Jambi termasuk kelurahan Beringin.
Anak – anak jalanan yang ada di pasar jambi berasal dari berbagai daerah. Sebagian besar mereka putus sekolah atau bahkan ada yangtidak mengenal bangku sekolahpun. Sehingga sangat perlu diperhatikan nasibnya.
2) Sebagian besar penduduk adalah seorang pedagang. 
Kelurahan Beringin termasuk pusat perbelanjaan, sebab letaknya masih di kecamatan pasar. Terlihat di sana juga terdapat suatu mall, sehingga hampir dapat dipastikan aktivitas masyarakat kesehariannya adalah berdagang. Mulai dari penjual sayur, penjual ban mobil, penjual buah, dan masih banyak lagi yang lainnya.
3) Prasarana Kelurahan, seperti:

• Sekolah
Kelurahan Beringin memiliki prasarana pendidikan yang lengkap dari PAUD, SD dan SMK. Bahkan terdapat juga satu lembaga pendidikan Tinggi di kelurahan tersebut. 
• Masjid
Beringin merupakan salah satu kelurahan yang agamais, ini dapat dilihatdari adanya masjid dan didirikannya surau di kelurahan itu sebagai tempat remaja dan anak-anak menimba ilmu agama.
• TPA 
Selain masjid juga terdapat beberapa TPA tempat untuk menimba ilmu agama bagi anak – anak yang ada di kelurahan Beringin.
• Nomor rumah warga
Nomor rumah warga di sekitar pasar sangatlah penting, sebab kehidupan di pasar kurang mengenal satu sama lainnya. Nomor rumah diperlukan untuk menambah alamat lengkap penduduk di sekitar pasar terutama kelurahan Beringin.

PEMBAHASAN OBSERVASI

1. Nama Program : Bisa Mengoperasikan Penjumlahan Dan Pengurangan Sederhana
Nomor Program : SB-T.1.22.4

Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan, didapatkan informasi bahwa anak jalanan belum begitu pandai dalam mengoperasikan penjumlahan dan pengurangan, sementara hal tersebut sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari – hari. Karena di masyarakat tidakakan terlepas dari masalah hitung menghitung. Kemampuan mengoperasikan penjumlahan dan pengurangan sangat dibutuhkan oleh manusia dalam hidup sehari - hari.

2. Nama Program :Bisa Mengoperasikan Penjumlahan Dan Pengurangan Sederhana
Nomor Program : SB-T.1.23.4

Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan, didapatkan informasi bahwa anak jalanan belum begitu pandai mengaji dan juga belum banyak memiliki hafalan ayat al-qur’an. Meskipun anak – anak belum lancar mengaji setidaknya memiliki hafalan ayat – ayat pendek al-qur’an.

3. Nama Program : Bimbingan Menghitung Perkalian Angka 6 – 10 Dengan Jari Tangan
Nomor Program :SB-T.1.24.4

Selain mengajarkan ilme hitung penjumlahan juga perlu adanya ilmu perkalian. Untuk memudahkan anak jalanan dalam menghitung perkalian agar lebih cepat diperlukan adanya cara yang dianggap lebih memudahkan dalam menghitung operasi perkalian bilangan sederhana yaitu enam sampai sepuluh.
4. Nama program : Sosialisasi Pembukuan Sederhana Untuk Usaha Kecil
Nomor program : SB.1.25.4

Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan, didapatkan informasi bahwa Sebagian besar warga beringin adalah pedagang yang belum memiliki pembukuan yang teratur. Padahal salah satu faktor berhasilnyaorang beragang adalah adanya pembukuan yang baik, sehingga perputaran arus transaksi keuangan bisa teratur. Setiap pendapatan dan pengeluaran dalam berdagang sebaiknya dibukukan yang baik untuk menghitung laba maximum dalam usahanya.

5. Nama Program : Penertiban Nomor Rumah
Nomor Program: PF.1.26.4

Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan, didapatkan informasi nomor rumah belum tertib sehingga perlu adanya penataan/penomoran ulang. Selain itu Penertiban nomor rumah diperkotaan sangat perlu untuk memudahkan pendataan dan membantu orang yang sedang mencari alamat seseorang.

6. Nama Program : Sosialisasi Pentingnya Kebersihan Lingkungan
Nomor Program: KM.1.27.4

Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan, didapatkan informasi Kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan, untuk itu diperlukan adanya upaya pemberitahuan kepada masyarakat Untuk memberikan kesadaran pada masyarakat kota akan pentingnya hidup bersih.

7. Nama Progran : Lomba Adzan Untuk Anak TPA
Nomor Program: SB.1.28.4

Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan, didapatkan informasi bahwa Ada beberapa TPA di Beringin. Untuk memberika motivasi pada anak di TPA agar selalu semangat dalam mengaji diperlukan adanya diadakan lomba antar TPA.

Tidak ada komentar: