Rabu, 12 Januari 2011

LAPORAN KKN 2

KULIAH KERJA NYATA 
PPM-TEMATIK
UNIVERSITAS JAMBI 
SEMESTER GENAP TAHUN 2008/2009

KELURAHAN : BERINGIN
KECAMATAN : PASAR JAMBI
KOTA : JAMBI
PROVINSI : JAMBI

Tema :
” Peduli Pendidikan Anak Jalanan”
Sub Tema : 
 Peningkatan minat belajar dan pengembangan daya pikir anak jalanan ”




PP


Disusun Oleh :
Nama : Sumadi
NIM : A1C205038
Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan : Pendidikan Matematika 



BADAN PElAKSANA KULIAH KERJA NYATA
LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
UNIVERSITAS JAMBI
2009


I. PROGRAM KERJA YANG TERLAKSANA
A. Bisa Mengoperasikan Penjumlahan Dan Pengurangan Sederhana
Sifat program : Monodisipliner
No. Sektor : SB-T.1.22.4
No. Kode : SB-T.22
Lokasi : UNJA Pasar
Program ini merupakan program sesuai dengan tema KKN-PPM-Tematik yaitu “Peduli Pendidikan Anak Jalanan”.program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengoperasikan penjumlahan dan pengurangan bilangan pada diri anak jalanan Sebelumnya anak – anak jalanan belum bisa mengoperasikan ilmu penjumlahan dan pengurangan, adapun yang sudah mengenal hanya sebagian kecil. Kegiatan ini dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan yaitu pada tanggal 14, 21 dan 28 Maret 2009, dimana setiap kali pertemuannya guru harus datang terlebih dulu dan menunggu mereka. Bahkan, hampir setiap hendak belajar memakan waktu 30 hingga 40 menit untuk menunggu mereka, kadang saya harus menjemput mereka ke samping Tropi ( toko buku di pasar jambi ), tempat sehaari – hari para anak jalanan berkumpul. Hal ini disebabkan karena setiap anak jalanan memiliki kesibukan yang berbeda.
Dalam pelaksanaan bimbingan operasi penjumlahan dan pengurangan, materi yang diajarkan masih cukup sederhana dikarenakan peserta belajar beraneka ragam, mulai dari yang usianya 9 tahun hingga 25 tahun. Bukan hanya dari segi umur saja yang berbeda, tetapi dari Latar belakang mereka juga berbeda. Sebab sebagian dari anak jalanan ada yang sudah menikmati pendidikan dasar di SD tetapi tidak sampai tamat. Ada yangputus sekolah saat kelas Tiga, kelas Dua dan ada juga yang sudah sampai kelas Lima. Ada juga dari mereka yang sama sekali tidak menginjak bangku sekolah. Sungguh, kasihan sekali mereka yang tidak menikmati masa pendidikan di Sekolah.
Pada pertemuan I siswa yang hadir sebanyak 13 orang, kenudian pada pertemuan II hanya 12 orang. Itupun tidak semua yang hadir pada peretemuan I datang pada pertemuan II, sebab banyak wajah yangberbeda dari sebelumnya. Sedangkan pada pertemuan III, peserta yanghadir sebanyak 13 orang. 
B. Bimbingan Hafalan Ayat – Ayat Pendek Dari Al – Qur’an
Sifat program : Interdisipliner
No. Sektor : SB-T.1.23.4
No. Kode : SB-T.23
Lokasi : UNJA Pasar
Pelaksanaan program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menghafal anak jalanan tentang ayat – ayat al – qur’an. Kegiatan ini dilaksanakan di Mushala UNJA pasar waktunya setelah maghrib hingga menjelang isya’ tiap pertemuannya. Ketika hari pertama yaitu pada tanggal 3 April 2009 peserta program ini sebanyak 15 orang. Sebagian besar peserta program ini sudah mengenal ayat – ayat pendek dari al – qur’an, namun baru hafal satu atau dua ayat saja, belum sampai hafal satu surat. Tetapi ada juga yang sudah hafal satu surah, bahkan lebih. Dikarenakan sangat beragam latar belakang dari para peserta pelaksanaan program ini. Pada pertemuan berikutnya yaitu pada tanggal 9 April 2009 jumlah anak yang hadir sebanyak 14 orang, hampir sama jumlahnya dari pertemuan pertama, hanya berkurang satu anak. Namun, anak yang hadir pada pertemuan kedua tidak semua datang pada pertemuan sebelumnya. Begitu juga sebaliknya anak – anak yang hadir pada pertemuan pertama tidak semua bisa dating pada pertemuan berikutnya. Ada beberapa anak yang baru datang sehingga harus mengulang lagi dari awal. Begitu juga pada pada pertemuan ketiga pada tanggal 17 April 2009 jumlah anak yang hadir sebanyak 13 orang.
Anak – anak begitu semangat mengikuti program ini. Mungkin dikarenakan kondisi mereka yang menjadi penghambat untuk berkembang. Saat pelaksanaan program anak –anak cukup merasa senang, saya lihat tidak ada unsur yang menjadi penghalang mereka saat belajar. 






C. Bimbingan Menghitung Perkalian Angka 6 – 10 Dengan Jari Tangan

Sifat program : Monodisipliner
No. Sektor : SB-T.1.24.4
No. Kode : SB-T.24
Lokasi : UNJA Pasar 

Program bimbingan menghitung perkalian angka 6 sampai 10 dengan jari tangan bertujuan untuk mempermudah perhitungan operasi perkalian sederhana bagi anak jalanan. Pelaksanaan program ini dimulai pada tanggal 7 April 2009 tempatnya di UNJA pasar dengan jumlah peserta hanya 7 orang. Kemudian dilanjutkan pada tanggal 14 April 2009 dengan jumlah peserta 9 orang. Setiap hendak mulai kegiatan pelaksanaanprogram harus mengumpulkan peserta terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan anak – anak memiliki kesibukan yang berbeda – beda. Pengkondisian peserta setiap pelaksanaan program memakan waktu 35 menit hingga satu jam.
Begitu juga pada pertemuan ketiga jumlah peserta yang datang sebanyak 8 orang. Pelaksanaan program kerja di luar jam PLK sangat sulit sekali untuk mengumpulkan peserta karena dari segi konsumsi juga berbeda, sehingga peserta lebih sedikit daripada jam PLK.











D. Sosialisasi Pembukuan Sederhana Untuk Usaha Kecil

Sifat program : Monodisipliner
No. Sektor : SB.1.25.4
No. Kode : SB.25
Lokasi : RT.12 

Setelah mengetahui bahwa warga beringin sebagian besar pedagang maka tidak salah jika diadakan sosialisasi pembukuan sederhana untuk usaha kecil, dengan tujuan setelah diadakan sosialisasi ini nantinya para pedagang yang telah mengikuti program ini dapat menerapkan apa yangtelah disampaikan. Dalam sosialisasi pembukuan sederhana ini disampaikan bahwa sebagai seorang pedagang harus mencatat semua kejadian yang berkaitan dengan jal beli. Hal ini dilakukan untuk mengetahui dan mengatur uang yang masuk dan keluar sehingga tahap awal pembukuan dilakukan dengan sebaik – baiknya.
Kegiatan sosialisasi pembukuan sederhana ini dilaksanakan di masjid teladan RT.12, tepatnya pada tanggal 14 mei 2009 yaitu hari kamis kurang lebih mulai jam 19.30 dan berakhir pada jam 20.15, yaitu setelah warga RT.12 melaksakan YASINAN rutin pada malam jum'at. Peserta sosialisasi pembukuan sederhana untuk usaha kecil ini sebanyak 10 orang. Setelah materi disampaikan semua peserta diberikan hard copy mengenai materiyang tersebut di atas.
Karena pelaksanaan program dilaksanakan setelah YASINAN maka pelaksana program tidak harus menyiapkan konsumsi yang seharusnya mengeluarkan biaya. Sehingga biaya untuk pelaksanaan program ini cukupminimum karena hanya mengcopy materi yang disampaikan.







E. Penertiban Nomor Rumah

Sifat program : Monodisipliner
No. Sektor : PF.1.26.4
No. Kode : PF.26
Lokasi : RT.15 

Padatnya rumah penduduk di daerah pasar akan menyulitkan seseorang untuk mencari alamat orang lain, apalagi jika nomor rumah warga tidak tertib. Untuk itu diperlukan penertiban nomor rumah warga. Programpenertiban nomor rumah warga ini dilaksanakan di RT.15 pada tanggal 16 Mei 2009 yang melibatkan dua orang warga RT.15. dimana dengan duaorang ini penomoran 40 rumah dapat diselesaikan dalam waktu 1,5 jam. Di mulai pada pukul 16.00 WIB dan selesai pada pukul 17.30 WIB.
Dua orang warga yang membantu penomoran rumah hanya tinggal memasang / menempel saja di rumah  rumah warga RT.15 karena untuk pembuatannya sudah diselesaikan oleh pihak "konveksi dan sablon". Yangmana sebelumnya pelaksana program memesan nomor rumah pada tanggal 6 mei 20009 di ICHA Konveksi dan Sablon yang letaknya masih dikota Jambi. 
Biaya untuk pemesanan 40 buah nomor rumah adalah sebesar Rp.200.000,00 dengan harga tiap nomor rumah Rp.5.000,00.











F. Sosialisasi Pentingnya Kebersihan Lingkungan

Sifat program : Interdisipliner
No. Sektor : KM.1.27.4
No. Kode : KM.27
Lokasi : RT.10 

Kebersihan lingkungan tempat tinggal sangat mempengaruhi kesehatan tubuh manusia. Apalagi hidup di tengah kota yang udaranya cukup panas setiap orang harus peduli terhadap lingkungan sekitar demi terciptanya lingkungan yang bersih dan enak dipandang mata.
Untuk membangkitkan kembali semangat hidup bersih maka diadakanlahprogram Sosialisasi Pentingnya Kebersihan Lingkungan dengan harapan masyarakat tetap selalu ingat akan pentingnya menjaga kebersihan dan menerapkan dalam kehidupan sehari – hari. 
Program ini dilaksanakan di masjid yang letaknya di RT.08 kelurahan Beringin dengan jumlah peserta 15 orang pada hari kamis malam jum’at tanggal 21 Mei 2009 pukul 19.00 WIB s.d Pukul 19.30 WIB dimana sebelumnya warga RT.08 mendengarkan ceramah rutin pada malam jum’at mulai dari setelah maghrib sampai menjelang waktu shalat isya’. Penceramah yang biasanya mengisi acara pada malam jum’at ini adalah salah satu dosen IAIN STS Jambi yang sebelumnya merupakan salah satu calon anggota legislatif.
Dikarenakan sulitnya mengumpulkan warga di daerah pasar jambi maka waktu – waktu seperti itu yang bisa pelaksana program manfaatkan. Hal ini juga atas masukan dari bapak ketua RT.08 kelurahan Beringin.







G. Lomba Adzan Untuk Anak TPA

Sifat program : Interdisipliner
No. Sektor : SB.1.27.4
No. Kode : SB.27
Lokasi : RT.15

Menuntut ilmu bagi setiap muslim adalah suatu kewajiban, yang lebih utama lagi mengenai ilmu agama Islan itu sendiri. Salah satu jalan menuntut ilmu agama yang ada di kelurahan beringin adalah dengan adanya Taman Pendidikan Al – qur’an ( TPA ) di beberapa RT yang ada. Salah satunya adalah RT.15.
Karena ada beberapa TPA di kelurahan Beringin maka kami dari posko KKN – PPM – Tematik di tempat tersebut mengadakan beberapa perlombaan antar TPA yang pelaksanaannya di langgar Sadar RT.15, pada hari kamis sore dan jum’at sore. Perlombaan ini dibuka oleh ibu Lurah dan juga dihadiri oleh beberapa ketua RT yang ada.
Adapun cabang yang dilombakan diantaranya lomba Adzn, Tilawah, Hafalan ayat – ayat pendek dari al – qur’an dan lomba LCT. Namun, yang jadi program kerja saya adalah lomba Adzan.
Lomba adzan untuk anak TPA ini dilaksanakan pada hari kamis 21 Mei 2009 Pukul 16.30 WIB s.d Pukul 18.00 WIB setelah selesai acara pembukaan oleh ibu Lurah. Jumlah peserta lomba adzan adalah sebanyak 23 anak, yang mana diambil juara I, juara II, Juara III serta ada juara harapan I dan harapan II. Sehingga terpilih 5 anak yang berhak mendapatkan hadiah.
Sedangkan pembagian hadiah dilaksanakan pada hari sabtu malam minggu Pukul 19.30 WIB s.d Pukul 21.30 WIB dalam rangkaian acara perpisahan antara mahasiswa KKN – PPM Tematik dengan warga Beringin. 





II. KESIMPULAN DAN SARAN
 Kesimpulan
Dari beberapa program yang terlaksana dapat diambil beberapa kesimpulan, diantaranya :
1. Setiap warga berhak mendapatkan pendidikan, oleh karena itu pemerintah sebaiknya memperhatikan pendidikan anak jalanan sebab setiap manusia pasti memiliki kemampuan dan bakat. Oleh karenanya kita harus peduli terhadap bakat seseorang dan sebisa mungkin kita ikut membantu memberikan sumbangsih terhadap anak jalanan yang ada di kota Jambi
2. Tertibnya nomor rumah warga di daerah pasar akan membantu seseorang mencari alamat orang lain. Karena alamat rumah warga akan lebih mudah dan lebih cepat ditemukan jika di rumahnya sudah tertera nomor.
3. Untuk menambah semangat anak – anak dalam menuntut ilmu atau belajar, sebaiknya diadakan beberapa lomba berhadiah yang bermanfaat untuk kepentingan perkembangan anak.

 Saran
Dalam pelaksanaan KKN PPM –Tematik di kecamatan pasar sebaiknya ada bantuan dana untuk menjalankan program kerja. Karena perlu diketahui bahwa masyarakat pasar sangat sulit untuk diajak gotong royong sehingga dalam teknis di lapangan mahasiswa banyak merogoh kantong sendiri hanya untuk menjalankan sebuah program kerja. 

Tidak ada komentar: