Rabu, 01 Juni 2011

Makanan Bergizi

Makanan sebagai pembangun tubuh artinya makanan berguna untuk pertumbuhan, perkembangan, dan pengganti sel-sel tubuh yang rusak. Makanan sebagai  pelindung artinya makanan berperan menjaga  proses yang ada didalam tubuh. Makanan yang kita makan harus mengandung zat-zat yang diperlukan tubuh. Zat-zat yang diperlukan tubuh adalah sebagai berikut :
A.    Karbohidrat ( zat hidrat arang )
Karbohidrat dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber tenaga, menmpertahankan suhu tubuh, dan sebagai makanan cadangan. Makanan yang merupakan sumber karbohidrat adalah beras, jagung, gandum, singkong, kentang, ubi, sagu dan roti.
B.     Protein
Tubuh memerlukan protein untuk menghasilkan kalori, menyeimbangkan cairan dalam tubuh, membentuk sel baru untuk mengganti sel-sel yang rusak , dan mempertinggi daya tahan tubuh terhadap bibit penyakit.
Makanan yang mengandung dapat diperoleh dari tumbuhan dan hewan. Protein yang berasal dari tumbuhan disebut protein nabati, sedangkan protein yang berasal dari hewan disebut protein hewani. Sumber protein hewani yaitu daging , telur, ikan, udang, dan susu. Sumber protein nabati yaitu tempe, tahu, dan kacang-kacangan.
C.     Lemak
Lemak berfungsi untuk menghasilkan kalori, melarutkan vitamin (A,D,E,K), pelindung tubuh dari kedinginan dan luka,bantalan tubuh ,menghaluskan kulit dan sebagai makanan cadangan. Sumber lemak ada 2 macam, yaitu tumbuhan dan hewan. Lemak yang berasal dari tumbuhan disebut lemak nabati. Lemak yang berasal dari hewan disebut lemak hewani. Makanan sumber lemak nabati terdapat pada kacang tanah, avokad, minyak kelapa sawit dan kemiri. Makanan  sumber lemak hewani terdapat pada daging yang berlemak, keju, susu, mentega dan minyak ikan.
D.    Mineral
Mineral merupakan zat pengatur tubuh. Berdasarkan jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh, mineral dikelompokkan menjadi 2 yaitu unsur yang dibutuhkan dalam jumlah banyak dan unsur yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit. unsur yang dibutuhkan dalam jumlah banyak yaitu natrium,kalium, kalsium, fosfor, magnesium, klor dan belerang. unsur yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit yaitu mangan, yodium, fluor, dan kobalt.
E.     Vitamin
Vitamin merupakan nutrisi tanpa kalori yang penting dan dibutuhkan oleh tubuh manusia. Vitamin berguna sebagai zat pengatur dan pelindung.
Berdasarkan kelarutannya, vitamin dibedakan menjadi 2 kelompok yaitu vitamin yang larut dalam air (B, C), dan vitamin yang larut dalam lemak (A,D,E,K). Vitamin yang larut dalam lemak dapat disimpan dalam tubuh.
F.  Air
Tubuh memerlukan air untuk melarutkan dan mengangkut zat-zat makanan serta menjaga keseimbangan suhu tubuh. Jumlah air yang dibutuhkan oleh tubuh tergantung dari usia, jenis kelamin, keadaan kesehatan, dan kegiatan fisik yang dilakukan

Tidak ada komentar: