Selasa, 31 Mei 2011

Teori -Teori Pembelajaran

Istilah mengajar dan belajar adalah dua peristiwa yang berbeda, tetapi terdapat hubungan yang erat, bahkan terjadi kaitan dan interaksi saling pengaruh-mempengaruhi dan salin saling menunjang satu sama lain . Menurut H. Al Berty (1953:58) Tujuan utama pembelajaran adalah penyusunan pengetahuan. Pengetahuan sangat penting bagi manusia. Barang siapa yang menguasai pengetahuan maka dia akan berkuasa : “know is power”. Pengetahuan bersumber dari perangkat mata ajaran yang di sampaikan di sekolah. Para pakar yang mendukung teori ini berpendapat bahwa pelajaran berasal dari pengalaman-pengalaman orang tua masa lampau yang berlangsung sepanjang kehidupan manusia. Pengalaman-pengalaman itu di selidiki, disusun secara sistematis dan logis, sehingga tercipta yang kita sebut mata ajaran.
Pembelajaran adalah upaya mengorganisasi lingkungan untuk menciptakan kondisi belajar bagi peserta didik. Artinya pendidikan adalah suatu proses atau kegiatan yang bertujuan menghasilkan perubahan tingkah laku manusia. Pribadi adalah suatu sistem yang bersifat unik, terintegrasi dan terorganisasi yang meliputi semua jenis tingkah laku individu, pada hakikatnya pribadi tidak lain dari pada tingkah laku itu sendiri. Kepribadian mempunyai ciri-ciri :
  1. Berkembang secara berkelanjutan sepanjang hidup manusia
  2. Pola organisasi kepribadian berbeda untuk setiap orang dan bersifat unik.
  3. kepribadian bersifat dinamis.
Tingkah laku manusia memiliki dua aspek yaitu :
  1. Aspek objektif yang bersifat struktural yakni aspek jasmani.
  2. Aspek subjektif yang bersifat fungsional yakni aspek rohaniah menurut M.C. Donald (1959:61).
Selain itu pembelajaran adalah suatu proses membantu siswa mengadapai kehidupan masyarakat sehari-hari. Kegiatan pembelajaran berlangsung dalam hubungan sekolah dan masyarakat, siswa bukan saja aktif belajar di labortarium sekolah, mencari pengalaman kerja dalam berbagai lapangan kehidupan, tetapi juga aktif berkerja langsung di masyarakat. Guru mempersiapkan rencana awal pembelajaran, kemudian menyusun rencana lengkap bersama para siswa sebagai persiapan pelaksana di lapangan. (G.E. Olson, 19945:64).
Dari teori-teori pembelajaran dapat disimpulkan bahwa kegiatan dan proses pembelajaran itu sangat komplek. Pembelajaran adalah suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan dan prosedur yang mempengaruhi dan mencapai tujuan belajar. Berdasarkan teori belajar ada 5 (lima) pengertian Pengajaran :
  1. Pengajaran adalah upaya menyampaikan pengetahuan kepada peserta didik atau siswa di sekolah.
  2. Pengajaran adalah mewariskan kebudayaan kepada generasi muda melalui lembaga sekolah.
  3. Pembelajaran adalah upaya mengorganisasi lingkungan untuk menciptakan kondisi belajar bagi peserta didik.
  4. Pembelajaran adalah upaya mempersiapkan peserta didik untuk menjadi warga masyarakat yang baik.
  5. Pembelajaran adalah suatu proses membantu siwa menghadapai kehidupan masyarakat.

Tidak ada komentar: